Kamis, 04 Maret 2010

Kehidupan yang berarti

Jika kemiskinan adalah manusia, maka akan kubunuh ia (Ali Bin Abi Thalib). Kita sangat terpukul, ketika orang – orang miskin berjejer, berjejal-jejal mengantri daging qurban, zakat fitrah di berbagai masjid di sekitar kita. Setiap tahun selalu begitu, ada keinginan kita untuk membantu, namun kesempatan dan kemampuan yang terbatas. Jika demikian, ada langkah – langkah kecil bagi kita untuk melakukannya, mengatasi kemiskinan :

1. Belanja lah di warung – warung kecil
Di mana anda membeli indomie? Di mana anda membeli berbagai kebutuhan hidup anda? Cobalah berbelanja di warung – warung kecil, tak senyaman belanja di supermarket itu pasti, tapi tau kah anda bahwa kita dapat membantu mengatasi kemiskinan dengan berbelanja di warung – warung kecil. Dengan belanja di warung – warung kecil, secara tidak langsung anda akan membantu satu keluarga, satu usaha, satu roda ekonomi berputar. Cobalah….kita pun bisa.

2. Jadilah donatur apa saja
Bayar zakat fitrah itu hanya setahun sekali, tapi cobalah merutinkan infak anda, ada program Gema Infak yang bisa anda ikuti. Tak soal berapa infak yang anda keluarkan, tak jadi masalah selama anda mau berinfak; karena kemiskinan tidak setahun sekali, kemiskinan membuat kita semakin dekat dengan diri kita, keluarga dan tetangga kita. Cobalah….kita pun bisa

3. Jadilah orang tua asuh
Jangan bayangkan memiliki anak asuh itu berarti memerlukan harga yang mahal, sisihkan saja 75 ribu per bulan. Sedikit yang anda sisihkan dari penghasilan anda, akan mencerahkan masa depan anak-anak yang kesulitan sekolah. Misalnya di LAZ TPU Al Mumtaz ada program Anak Asuh, anda bisa memulainya dari sana. Cobalah….kita pun bisa

4. Miliki tabungan/Investasi di BMT
Memiliki tabungan di bank, tentu saja ia. Tapi apakah anda memiliki tabungan di BMT? Ah tentu tak semuanya mengangguk. Jika anda biasa menabung dalam jumlah yang banyak, cobalah sisihkan untuk menabung di BMT, mengapa? Karena uang anda akan lebih berguna dan bernilai di sana. Karena bank pada umumnya meminjamkan dananya untuk pengusaha-pengusaha gede, memiliki jaminan maksimal, sedangkan BMT merupakan penyedia dana bagi usaha-usaha kecil, mikro dan sulit mengakses dana bank. Sehingga dengan menabung di BMT, anda bisa sekaligus membantu pelaku ekonomi mikro melanjutkan usahanya, BMT Cengkareng bisa menjadi partner investasi anda. Cobalah….kita pun bisa (KLIK : http://zarchisme.wordpress.com/tag/untung-investasi-bmt/)

5. Berbagilah Pekerjaan Walaupun Sedikit
Amat beruntung jika anda berwiraswasta dan kemudian berhasil. Dengan itu anda bisa membantu saudara, tetangga dan lain sebagainya untuk mencari nafkah melalui usaha yang anda jalankan. Berbagilah pekerjaan walaupun sedikit, tentu itu akan bermakna bagi orang – orang di sekitar anda yang membutuhkannya.

Jika anda memiliki keterampilan, berbagilah walau sedikit. Keterampilan akan menjadi modal berwiraswasta bagi mereka yang tidak memiliki modal untuk bekerja di berbagai perusahaan dan lain sebagainya. Cobalah….kita pun bisa !! (LAZ TPU Al Mumtaz)

(Terima kasih kepada Penulis tulisan ini, semoga menjadi amal jariyah baginya dan bagi kita yang mengambil hikmahnya,amin)

(Tulisan ini disponsori oleh : TOKO BUKU BAROKAH ILMU di Belakang Masjid Fathullah UIN Jakarta......Rujukan Buku Mahasiswa... )
*********************************

UNDANGAN dari sahabat :

Bagi teman2 alumni & khususnya mahasiswa UIN Jakarta diundang untuk turut bergabung pada "UIN Jakarta Is My Best University" dengan cara klik : http://www.facebook.com/pages/UIN-Jakarta-Is-My-Best-University/309611248691?ref=mf. Jangan lupa untuk undang The UINers lainnya.... :-)

====================
BMT Cengkareng dalam REPUBLIKA :
KLIK http://www.facebook.com/album.php?aid=123508&id=94767802818

BERITA dari BMT Cengkareng :

BMT (Baitul Maal wat Tamwil) merupakan salah satu konsep lembaga keuangan mikro syariah yang memadukan antara aktivitas komersial (Simpanan/Tabungan/Investasi & Pembiayaan modal usaha bagi UKM http://www.facebook.com/Usaha.Kreatif.Muslim) dengan aktivitas Sosial (Santunan anak yatim & Dhuafa, Beasiswa anak Berprestasi, Peduli Bantu Bencana, Pendampingan Managemen UKM, Magang Mahasiswa, dll).

ALHAMDULILLAH, Salah satu misi sosial BMT Cengkareng bisa berjalan secara bertahap, dengan melakukan kegiatan BE-BMT "BERBAGI Buat Mereka Tersenyum" berupa santunan anak2 yatim & Dhuafa secara berkala.

SUBHANALLAH, kegiatan2 ini sepenuhnya didukung oleh donasi dari para DERMAWAN yang tergabung dalam komunitas Fesbuk "PAY" http://www.facebook.com/Pecinta.Anak.Yatim yang tersebar diseluruh penjuru dunia dan kini beranggotakan 31.000+ Dermawan & Calon Dermawan.

Tidak ada komentar: