Minggu, 07 Juni 2009

BERBISNIS DENGAN KESENANGAN

Assalamu'alaikum wr. wb.

Dalam sebuah seminar mengenai Word of Mouth yang dibawakan oleh mas Yoris Sebastian , beliau nyeletuk tentang temennya yang mendirikan sebuah distro khusus 'surfing'. Jadi semua kaos dan merchandise- nya bertemakan surfing, maksudnya bukan 'nge-browse' internet ya tapi beneran surfing alias selancar air. Dan itu memang karena hobby-nya surfing.

Yang menarik adalah bahwa mas Yoris menyebutnya sebagai istilah Happinomic. Maksud beliau adalah gabungan antara suatu pekerjaan atau usaha yang dijalankan berdasarkan hobby yang menyenangkan alias happy namun bernilai ekonomis.

Klo hanya sekedar hobby motor gede umpamanya, itu mah cuma ngabisin uang. Tapi klo sambil buka toko onderdil khusus toko moge, nah itu namanya Happinomic.

Banyak orang bilang salah satu latar belakang orang sukses memiliki usaha karena berangkat dari hobby. Namanya hobby maka ngejalaninnya selalu fun. Dan jika ada halangan atau kegagalan maka akan benar2 menganggapnya hanya sekedar maenan yang sedang diambil orang lain, ya beli lagi :).

Ngomong2 Fun, hal yang satu ini malah sudah dicanangkan sebagai salah satu nilai dalam komunitas TDA yaitu nilai kelima dengan penjabaran : menjaga keseimbangan hidup. Artinya memang TDA mengharapkan membernya yang menjalankan usaha harus tetap Fun. Menjaga kesimbangan bahwa hidup bukan hanya sekedar untuk bisnis.

Itulah sebabnya juga salam TDA adalah FUNtastic SuksesMulia !!!. Mau sukses dan mulia tapi jangan lupa untuk tetap fun hehe. Maunya.

Gimana donk klo usaha saya gak berangkat dari hobby. Ya jadikan atau anggap usaha kita sebagai hobby kita. Yang kadang memang butuh proses. Temukan hobby kita yang lain dalam usaha itu.

Hobby marketing ? hobby baca buku bisnis ? atau malah hobby menyenangkan orang lain hehe ... praktekkan aja. Bahkan yang hobby ngelamun aja (asal jangan ngelamun jorok !) bisa mendukung loh. Ya, umpamanya ngelamun tokonya bakal nambah jadi 20 cabang, minimal ini bisa jadi LOA pendukung haha.

Jadi balik lagi, must be fun. Tujuannya agar tercipta keseimbangan dalam hidup.

Pak Agus Ali biar punya seabrek bisnis tapi jangan harap bisa ngundang dia untuk hadir pada hari Sabtu atau Minggu pagi. Karena itu acaranya maen tennis yang gak bisa diganggu-gugat, bahkan oleh Presiden TDA sekalipun !. Pak Roni selau menyempatkan diri untuk hadir pada setiap pagelaran konser musik Jazz. Pak Hadi menemukan fun sekaligus ketenangan dan semangat ketika menelpon ibundanya.

Ada yang bermain bersama anaknya. Rutin bermain band macam pak Rawi. Ada yang melukis seperti pak Joseph. Tak lupa didalamnya termasuk isian rohani dan spiritualitas.

Semua untuk memenuhi kebutuhan otak kita. Semua itu pendukung aktifitas otak kanan, salah satu sisi otak yang secara dominan harus dimiliki seorang pengusaha.

Jadi apakah hobby kita ? Uenak tenan ya klo usaha kita termasuk Happinomic. Udah emang hobby, dapet duit lagi !.

Wassalam.

anda tidak perlu hebat untuk memulai
tapi anda harus memulai untuk menjadi hebat